Sunday, 10 July 2016

Trafik Telepon Tri Melonjak 600% di Brexit

Brebes - Layanan seluler Tri milik Hutchison 3 Indonesia telah mengalami puncak lonjakan trafik telepon jauh-jauh hari sebelum Lebaran 2016.

Sejak 30 Juni 2016, lonjakan terjadi seiring dengan dimulainya arus mudik khususnya di pintu keluar Brebes yang mengalami kepadatan arus lalu lintas.

"Lonjakan trafik terjadi hingga 600%," kata Randeep Sekhon, Presiden Direktur Tri dalam emailnya kepada detikINET, Jumat (8/7/2016).

Tri sendiri sejauh ini mengklaim telah sukses melayani 55.5 juta pelanggan di 2.280 kecamatan tanpa hambatan selama Idul Fitri tahun ini.

"Lonjakan trafik terjadi pada layanan data dan telepon hampir di seluruh kota di Indonesia," masih kata Randeep.

Namun demikan, Tri mengaku mampu melayani semua layanan dengan angka keberhasilan layanan (success rate) baik telepon, SMS, dan data yang mendekati 100%.

Tren trafik tahun ini, menurut Randeep, sedikit berbeda dibanding tahun lalu yang umumnya seluruh trafik layanan mulai melonjak di H-3. Yang berbeda tahun ini adalah layanan telepon yang mengalami peningkatan mulai H-10.

Seperti yang sudah disebutkan tadi di atas, puncak lonjakan trafik layanan telepon terjadi pada 30 Juni 2016, seiring dimulainya arus mudik khususnya di pintu keluar Brebes hingga 600%.

Namun secara umumm peningkatan trafik telepon mencapai 30% dibandingkan trafik hari biasa. Hal itu dipicu oleh penawaran paket Bebas Bicara Tri.

Sementara lonjakan layanan data terjadi mulai H-3, meningkat 30% dibandingkan Lebaran tahun lalu. Jaringan Tri setiap harinya menghantar trafik layanan data sekitar 1500 TB/hari.

Peningkatan trafik data pada Lebaran tahun ini didominasi oleh aktivitas pelanggan yang menyampaikan ucapan Lebaran dan aktivitas lainnya melalui sosial media Facebook dan Twitter, juga WhatsApp.

Trafik layanan telepon dan data kembali normal pada H-1. Lonjakan trafik terjadi di kota kota tujuan mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera.

"Cara komunikasi masyarakat Indonesia telah lama berubah dari telepon ke data juga dari SMS ke aplikasi OTT. Sekitar 90% pelanggan data kami menggunakan OTT messaging seperti Whatsapp, Line dan lain sebagainya, juga media sosial seperti Facebook," ucap Randeep.

Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, Tri telah mempersiapkan seluruh infrastruktur dan kapasitas jaringan agar pelanggan Tri dapat dengan nyaman berkomunikasi, khususnya di kota-kota yang menjadi tujuan mudik dan wisata.

Untuk layanan data, Tri telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk mampu menampung lonjakan trafik di semua layanan. Tri juga telah melakukan peningkatan kualitas jaringan di sepanjang jalur pantura, jalur selatan dan jalur penghubung lainnya.

Sementara itu, untuk antisipasi lonjakan trafik pada saat puncak mudik, peningkatan kapasitas juga telah dilakukan di ruang dan fasilitas umum seperti terminal dan pelabuhan, bandara udara, dan stasiun kereta api. Peningkatan kapasitas jaringan juga didukung oleh penambahan sejimlah mobile BTS disepanjang jalur mudik di pulau Jawa,

Jaringan Tri sendiri katanya telah diperkuat oleh hampir 40.000 BTS, dimana 19.000 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G, serta jaringan fiber optik yang membentang sepanjang 14.000 kilometer. (rou/rou)

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Roda Pulsa Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger